15 TRIK UNTUK TETAP TAMPIL POSITIF DI TEMPAT KERJA

Sangat mudah bagi kita untuk terjebak didalam kesibukan pekerjaan sehari-hari, tetapi untuk tetap tampil positif di tempat kerja adalah hal yang sangat penting. Dan berikut ini 15 trik mudah yang akan membantu anda untuk tetap tampil positif di tempat kerja, diantaranya adalah :

1. Teruslah belajar

Hanya karena anda tidak berada di sekolah lagi dan telah memiliki pekerjaan tetap, itu tidak berarti anda harus berhenti belajar. Pendidikan adalah cara terbaik untuk membangun karir anda. Teruslah belajar sebanyak mungkin dari setiap pengalaman kerja yang anda dapatkan.

Jika anda tidak memiliki kesempatan untuk belajar dari hal-hal baru, mintalah rekan kerja ataupun bos anda untuk menemani mereka ketika mereka melakukan tugasnya dan disini anda dapat mempelajari tentang apa yang mereka lakukan.

2. Mengajarkan kepada orang lain tentang apa yang anda ketahui

Anda ingin menemani orang lain ketika mereka melakukan pekerjaannya sehingga menawarkan kesempatan ini kepada rekan kerja anda. Anda menawarkan bantuan untuk mengajari mereka tentang apa yang anda ketahui sehingga mereka tidak perlu menghubungi anda sepanjang waktu.

Hal ini dapat membangun image yang baik untuk anda dan pernah ada ungkapan lama yang terkenal “Berikan seseorang ikan, maka anda telah memberinya makan untuk satu hari; mengajari seseorang bagaimana cara menangkap ikan, maka anda telah memberinya makan untuk seumur hidup”.

3. Beri diri anda untuk istirahat

Anda saat ini menggunakan waktu selama 8 jam sehari dan anda mengharapkan agar dapat bekerja sepanjang waktu, namun anda tidak bisa melakukan itu. Mencoba untuk bekerja non-stop berarti anda telah mencoba untuk menyiksa diri, dan setiap mengambil tugas berikutnya anda akan melakukan hal-hal ceroboh sehingga anda akan kehilangan fokus dan motivasi.

Ambilah waktu untuk istirahat sejenak setiap satu atau dua jam. Menjauhlah dari meja anda dan dapatkan udara segar. Anda mungkin akan menghabiskan waktu selama 5 sampai 15 menit untuk istirahat, tetapi anda akan merasa lebih segar saat anda kembali duduk di meja kantor dan siap untuk bekerja kembali.

4. Meninggalkan pekerjaan di tempat kerja

Sangatlah penting memiliki waktu untuk diri sendiri, keluarga dan hobi anda. Jika anda sudah bekerja selama 8 jam dan kemudian pulang ke rumah untuk kembali melakukan pekerjaan tambahan, maka anda tidak akan bersemangat untuk kembali bekerja pada hari berikutnya.

Buatlah peraturan dimana anda harus meninggalkan pekerjaan anda di tempat kerja. Jika anda tidak menyelesaikan tugas di saat anda sibuk di luar, buatlah tugas tersebut menjadi prioritas untuk keesokan harinya dan tinggalkan di tempat kerja.

Sulit untuk tidak memikirkan pekerjaan anda saat berada di rumah karena hal tersebut telah menjadi bagian didalam hidup anda. Semakin anda menjauhkan pikiran itu dari otak anda, maka setiap pagi anda akan merasa lebih segar dan siap untuk beraktifitas kembali di kantor.

5. Membangun hubungan dengan rekan kerja

Lingkungan kerja anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan jika anda bersikap ramah dengan rekan kerja anda. Anda tidak perlu tahu setiap detail dari kehidupan pribadi mereka atau bahkan nama anak-anak mereka. Memiliki komunitas yang ramah di tempat kerja juga akan membuat anda merasa lebih didukung didalam tugas-tugas pekerjaan anda yang dapat membantu mengurangi tingkat stress.

6. Berpartisipasi didalam kegiatan setelah bekerja

Ketika jam telah menunjukkan angka 5, anda bersiap-siap untuk pulang, tetapi jangan biarkan sikap ini mengambil alih dan meninggalkan anda keluar dari peristiwa pekerjaan. Jika beberapa rekan kerja keluar untuk mengadakan acara makan malam, anda dapat berpartisipasi didalamnya. Hal ini membantu anda untuk membangun komunitas di tempat kerja dan anda akan merasa lebih terhubung dengan sesama rekan kerja.

7. Membuat tempat kerja anda terlihat menyenangkan

Apakah anda memiliki ruangan kantor atau meja di tengah ruangan yang tampak berantakan? Kini saatnya untuk merapikan tempat kerja anda agar terlihat menyenangkan. Diskusikanlah dengan atasan anda untuk memilih jenis dekorasi apa yang diperbolehkan dan kemudian bawa beberapa poster yang dapat memotivasi anda atau foto keluarga yang dapat membuat anda tersenyum.

Bahkan sesuatu yang kecil seperti membawa cangkir kopi pribadi anda daripada menggunakan cangkir styrofoam dapat membuat meja anda tampak lebih nyaman. Duduk di lingkungan yang terlihat rapi dan menyenangkan dapat membuat anda merasa lebih baik dan dapat memotivasi anda.

8. Relawan untuk mempelopori sebuah proyek

Daripada menunggu untuk ditugaskan proyek dan terjebak dengan segala sesuatu yang mungkin tidak anda sukai, mengapa anda tidak menjadi sukarelawan untuk mempelopori sebuah proyek? Dengan cara ini, anda akan memiliki kendali yang lebih atas tugas-tugas anda.

Bos anda akan merasa senang bahwa anda telah rela untuk berpartisipasi didalam pekerjaan tambahan dan kemungkinan dia akan mempertimbangkan anda untuk mendapatkan proyek masa depan yang lebih baik.

9. Berkonsentrasi satu hal dalam satu waktu

Anda memiliki banyak hal yang harus dikerjakan didalam agenda, dengan berkonsentrasi satu hal dalam satu waktu akan membantu anda menjadi lebih termotivasi dan fokus. Jika anda menetap pada satu tugas sampai selesai, anda tidak akan kehilangan waktu. Dengan berkonsentrasi satu hal dalam satu waktu, anda juga mungkin menyelesaikan tugas-tugas penuh; bukannya melakukan sekelompok proyek yang berbeda tetapi tidak menyelesaikan apapun.

10. Menetapkan tujuan yang bisa dicapai

Hal ini baik untuk anda karena anda dapat memiliki mimpi, tetapi jika anda bermimpi terlalu besar bisa dipastikan anda tidak dapat meraihnya. Saat gagal meraihnya, anda mungkin berkecil hati ketika ingin meraih tujuan-tujuan lain. Jika anda menetapkan tujuan untuk dicapai dan berhadapan dengan mereka, anda akan lebih terinspirasi untuk mengatur lebih banyak tujuan yang ingin dicapai.

11. Gunakan imajinasi anda

Jangan membatasi diri anda untuk praktek usaha langsung, gunakan imajinasi anda. Ambil pendekatan kreatif untuk proyek-proyek anda dan presentasi.

12. Jangan menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah terjadi

Jika anda telah membuat kesalahan, lepaskan saja. Anda tidak boleh menyalahkan diri sendiri atas situasi seperti itu, karena semua orang pernah membuat kesalahan. Tetapi anda tidak boleh melupakan kesalahan anda, disini anda harus belajar dan memperbaiki.

Kita sebagai manusia tidak akan mengingatnya untuk waktu yang cukup lama dan gunakan hal tersebut untuk mendorong diri sendiri guna berbuat lebih baik di waktu berikutnya.

13. Menghadiahi diri sendiri untuk prestasi yang telah anda capai

Setiap kali anda menyelesaikan tugas, pujilah diri anda sendiri. Ketika anda menyelesaikan sebuah proyek besar, manjakan diri anda dengna makan di luar atau menonton film baru. Ini sama pentingnya untuk menghargai diri sendiri atas prestasi yang telah anda raih dengan tidak menyalahkan diri atas kesalahan yang diperbuat.

Jika anda memberikan hadiah kepada diri sendiri, bahkan dengan sesuatu yang kecil, anda akan bangga kepada diri sendiri dan ingin mencapai tujuan yang lebih banyak lagi.

14. Kelilingilah diri anda dengan orang-orang yang positif

Menjauhlah dari rekan kerja yang dapat membawa energi negatif ke dalam hidup dan ruang kerja anda. Mungkin sulit untuk menghindari orang-orang ini ketika anda bekerja dalam jarak yang cukup dekat dengan mereka tetapi setidaknya anda dapat membuat semua interaksi positif dengan mereka. Sikap positif anda bisa membantu mereka mengubah energinya.

15. Tersenyumlah

Tersenyumlah ketika anda menyapa rekan kerja dan klien anda. Tersenyumlah ketika anda berjalan menyusuri lorong. Tersenyumlah bahkan ketika anda sedang tidak ingin tersenyum dan lihat seberapa banyak hal tersebut akan meningkatkan hari anda. Tersenyumlah bahkan jika anda sedang merasa tidak senang akan membuat anda merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *